Bagi sebagian siswa, pelajaran bahasa inggris nyaris sama menakutkannya dengan pembelajaran matematika. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan agar anak mampu belajar dengan baik. Penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam pelajaran bahasa inggris perlu diterapkan oleh seoang guru terhadap siswanya, apalagi siswa SD. Guru bukan hanya dituntut untuk dapat membuat peserta didiknya pintar, tetapi seorang guru juga dituntut untuk dapat membuat peserta didiknya nyaman dan senang dengan pelajaran yang diberikan.

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan pembelajaran Bahasa Inggris khususnya ketika membahas tentang Grammar untuk anak-anak Sekolah Dasar. Dunia anak-anak pada usia ini masih menyenangi bermain. Karenanya, pembelajaran yang disampaikan harus membuat anak merasa rileks, nyaman dan menyenangakan.

Salah satu contoh metode pembelajaran dalam belajar Grammar adalah dengan bernyanyi. Guru dapat mengajarkan Grammar kepada anak-anak sambil bernyanyi, sehingga tercipta suasana yang hangat dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur pengetahuannya. Dalam metode ini, guru tidak perlu mengajarkan  nyanyian orang dewasa yang sullit dipahami oleh anak-anak didiknya karena masih banyak lagu anak-anak yang singkat yang sesuai dengan usia anak.

Guru juga dapat memadukan antara mengajarkan anak bernyanyi dalam Bahasa Inggris dengan  disertai semacam gerakan-gerakan senam. Misalnya, anak diajarkan lagu “Head and Shoulders Knees and Toes (Parts of Body)”

, sambil menunjuk anggota badan yang dimaksud atau guru dapat memadukan dengan Games-Games yang mendidik. Misalnya, siswa dibagi beberapa kelompok, kemudian perwakilan tiap-tiap kelompok menuliskan bentuk-bentuk Simple Present di papan tulis, dengan disemangati oleh masing-masing anggota kelompok.

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak usia SD dapat pula dilaksanakan dengan semacam metode bermain peran (role play), untuk melatih keberanian anak mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Tentu saja masih banyak lagi metode-metode lain yang lebih tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran Grammar Bahasa Inggris untuk anak usia SD. Semua itu tergantung kreatifitas guru dalam menyampaikan materi. Untuk mencapai hasil belajar yang berkualitas dan menyenagkan, tidaklah harus menggunakan media dan sarana pembelajaran yang mahal seperti laptop, LCD, ruangan ber AC dan lain-lain.

Semoderen apapun Media Pembelajaran yang digunakan, tetapi gurulah yang menjadi penyemangat dan motivator. Sementara Media yang digunakan hanyalah penggembira dalam proses pembelajaran yang berlangsung.

Ketika proses pembelajaran yang dialami menyenangkan, maka anak akan selalu merindukan pembelajaran Bahasa Inggris tersebut. Mengenangnya, dan menjadikan motivasi untuk mempelajari materi Bahasa Inggris lebih lanjut.

Dengan demikian, terkesannya pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris yang dilalui seorang anak akan membuatnya selalu teringat. Sehingga saat anak sedang bermain, tanpa disadari ia bersenandung;  Twinkle-twinkle little star, how I wonder what you are. Up above that look so high. Like a Diamond in the sky. Twinkle-twinkle little star, how I wonder what you are”.

Sumber:

http://edukasi.kompasiana.com

About CintaDewi

My name is Cinta Dewi Andini, I am the first child of two sister. Inspiration in my life is my family, especially my parents. They are my life and my life for them. I am a student at STKIP Pasundan Cimahi of English Education. This blog is created for STKIP Pasundan Cimahi, my beloved campus. Finally, my principle is "Where there is a will there's a way".

2 responses »

  1. nandar says:

    what part of grammar should elementary student learn except 16 tenses?

  2. Anonymous says:

    Should we tell them the pattern of tenses?? It’s difficult for me to teach grammar for children.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s